Recent Posts

Loading...
Loading...

Rabu, 12 Juni 2013

Miara Cikapundung Miara Bandung (P2M FKMTSI Wilayah IV Jabar-Banten 2013)

Forum Kominikasi Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (FKMTSI) Wilayah VI Jabar- Banten beberapa hari lalu tepatnya hari minggu tanggal 9 Juni 2013 lalu mengadakan agenda tahunan yaitu Pengabdian Pada Masyarakat(P2M). Tahun ini FKMTSI Wilayah Jabar Banten melaksanakan P2M di Bandung tetapi kegiatan yang dilaksanakan berbeda dengan kegiatan P2M pada tahun-tahun  sebelumnya, kali ini FKMTSI Wilayah Jabar Banten dalam hal ini panitia lebih memilih untuk memelihara dan mempedulikan lingkungan  yaitu dengan memebrsihkan aliran sungai cikapundung.

Kegiatan yang bertemakan "Miara Cikapundung Miara Bandung, Upaya Konservasi Sungai Untuk Menuju Cikapundung Bersih dengan Swadaya Masyarakat" ini dilaksanakan di Aliran sungai Cikapundung Kelurahan Babakan Ciamis sampai dengan Kelurahan Braga Bandung dan disponsori oleh PT.Kereta Api Indonesia(Persero), PT. PLN (Persero), Pemerintah Kota Bandung (Dinas Kebersiahan dan Pertamanan), Harian Umum Pikiran Rakyat, dan Baraya Cikapundung. Menurut A.A Wahab Kordinator Wilayah IV FKMTSI, dalam sambutannya acara ini seperti ini dipilih untuk mengedepankan tanggung jawab kita sebagai calon engenering terhadap lingkungan karena dampak lingkungan yang diakibatkan oleh pembangunan jarang diperhatikan sehingga setelah terjun kelapangan kita sudah terbiasa memperdulikan lingkungan.

Sesuai tema tidak hanya FKMTSI Wilayah IV (Jabar - Banten) yang didalamnya termasuk Himpunan Mahasiswa Sipil Unswagati  dan beberapa Himpunan Mahasiswa Sipil dari beberapa Univesitas  di wilayah VI lainnya sebagai peserta kegiatan, tetapi warga setempat yang tergabung dalam komunitas Baraya Cikapundung dan Kecebong Anyut juga ikut membantu membersihkan sungai yang mengalir disekitar rumah mereka tersebut.
Kami Kontingen HMS Unswagati mengirimkan 17 personil untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang merupakan salah satu Tridarma Perguruan Tinggi tersebut. Acara tersebut dimulai pada pukul 09.00 waktu setempat, kegiatan pembersihan dimulai di aliran Sungai Cikapundung kelurahan Babakan Ciamis sampai dengan Kelurahan Braga yang lebih kurang berjarak 5km ditempuh dalam waktu 5 jam, acara tersebut ditutup dengan makan bersama seluruh peserta dan pemberian sembako simbolis bhakti sosial kepada komunitas sebagai perwakilan warga setempat.






0 komentar:

Posting Komentar